Di era digital sekarang ini mencari informasi sangatlah mudah dilakukan, misalnya mencari informasi mengenai perkembangan teknologi yang terbaru. Berkunjung ke Universitas merupakan salah satu cara efektif untuk mengetahui perkembangan teknologi suatu keilmuan dalam hal ini mengenai bidang Informasi Geospasial. Hal inilah yang mendasari SMK N 1 Lumajang Jurusan Teknik Geomatika berkunjung ke Universitas Diponegoro (UNDIP) pada tanggal 04 September 2018.

Acara yang bertempat di Gedung Dekanat Lt.3 dihadiri oleh siswa dan guru SMK N 1 Lumajang Jurusan Teknik Geomatika. Acara dibuka oleh sambutan dari Dr. Yudo Prasetyo, ST., MT selaku Ketua Departemen Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Beliau memberikan gambaran umum tentang Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro kepada para peserta. Kegiatan selanjutnya pemberian motivasi oleh Nurhadi Bashit, ST., M.Eng yang merupakan alumni Sekolah Menengah Kejuruan yang saat ini merupakan Dosen di Teknik Geodesi. Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan pengenalan peralatan survei dan pemetaan yang ada di Kampus Teknik Geodesi.

Pengenalan Kampus Teknik Geodesi ini terdiri atas dua sesi. Sesi pertama berupa pengenalan Teknik Geodesi Universitas Diponegoro terhadap siswa SMKN 1 Lumajang yang dilakukan oleh dosen Teknik Geodesi Universitas Diponegoro. Pengenalan ini meliputi sarana dan prasarana yang ada di Teknik Geodesi Universitas Diponegoro. Pengenalan ini juga disertai dengan kunjungan ke Laboratorium Pengukuran dan Pemetaan, Fotogrametri dan Pengindraan Jauh, serta Pengukuran dan Pemetaan Kadastral.

Sesi kedua berupa  Pengenalan alat yang terbagi atas dua bagian. Pengenalan alat bagian pertama berupa pengenalan dasar tentang unmanned aerial vehicle (UAV) serta cara pemakaiaannya yang diisi oleh asisten laboratorium fotogrametri dan pengindraan jauh. Workshop bagian kedua berupa pengenalan dasar alat Total Station (TS) serta cara pemakaiannya yang juga diisi oleh asisten laboratorium namun dari laboratorium pengukuran dan pemetaan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkenalkan Teknik Geodesi Universitas Diponegoro di kalangan siswa SMK N 1 Lumajang.

Penulis : Nurhadi Bashit dan Selli Angelita BR Sitepu